ELEMEN INTELLECTUAL CAPITAL

Elemen-elemen dari intellectual capital dijelaskan sebagai berikut (Stewart 1998, Sveiby 1997, Saint-Onge 1996, Bontis 2000):
·         Human Capital (modal manusia)
Human capital merupakan lifeblood dalam modal intelektual. Disinilah sumber innovation dan improvement, tetapi merupakan komponen yang sulit untuk diukur. Human capital juga merupakan tempat bersumbernya pengetahuan yang sangat berguna, keterampilan, dan kompetensi dalam suatu organisasi atau perusahaan. Human capital mencerminkan kemampuan kolektif perusahaan untuk menghasilkan solusi terbaik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh orang-orang yang ada dalam perusahaan tersebut. Human capital akan meningkat jika perusahaan mampu menggunakan pengetahuan yang dimiliki oleh karyawannya. (Brinker 2000) memberikan beberapa karakteristik dasar yang dapat diukur dari modal ini, yaitu training programs, credential, experience, competence, recruitment, mentoring, learning programs, individual potential and personality.
·         Structural Capital atau Organizational Capital (modal organisasi)
Structural capital merupakan kemampuan organisasi atau perusahaan dalam memenuhi proses rutinitas perusahaan dan strukturnya yang mendukung usaha karyawan untuk menghasilkan kinerja intelektual yang optimal serta kinerja bisnis secara keseluruhan, misalnya: sistem operasional perusahaan, proses manufakturing, budaya organisasi, filosofi manajemen dan semua bentuk intellectual property yang dimiliki perusahaan.

Seorang individu dapat memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, tetapi jika organisasi memiliki sistem dan prosedur yang buruk maka intellectual capital tidak dapat mencapai kinerja secara optimal dan potensi yang ada tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Dalam upaya pengukuran elemen ini Edvinsson seperti yang dikutip oleh (Brinker 2000), menyatakan hal-hal sebagai berikut:
a.  Value acquired process technologies only when they continue to the value of the firm;
b.  Track the age and current vendor support for the company process technology;
c.   Measure not only process performance specifications but actual value contribution to corporate productivity;
d.  Incorporate an index of process performance in relation to established process performance goals.
·         Relational Capital atau Costumer Capital (modal pelanggan)
Elemen ini merupakan komponen modal intelektual yang memberikan nilai secara nyata. Relational capital merupakan hubungan yang harmonis/association network yang dimiliki oleh perusahaan dengan para mitranya, baik yang berasal dari para pemasok yang andal dan berkualitas, berasal dari pelanggan yang loyal dan merasa puas akan pelayanan perusahaan yang bersangkutan, berasal dari hubungan perusahaan dengan pemerintah maupun dengan masyarakat sekitar. Relational capital dapat muncul dari berbagai bagian diluar lingkungan perusahaan yang dapat menambah nilai bagi perusahaan tersebut. Edvinsson seperti yang dikutip oleh (Brinker 2000), menyarankan pengukuran beberapa hal berikut ini yang terdapat dalam modal pelanggan, yaitu:


a.     Customer Profile.
b.     Custumer Duration.
c.     Customer    Role.     
d.     Customer Support.
e.     Customer Success.


Sumber :
A. Usmara (Editor), 2007, Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi ke2, Amara Books, Yogyakarta (Artikel Imam Sugeng ND)
Baron, Angela and Armstrong, Michael, 2007, Human Capital Management, Achieving Added Value Trough People, Kogan Page limited  
Bernard Marr, Dina Gray and Andy Neely (Centre for Business Performance, Cranfield School of Management, Cranfield, Bedfordshire, UK), Why do firms measure their intellectual capital ?, Journal of Intellectual, Emerald Publisher Volume 4 Number 4 Tahun 2003
Bontis, Nick, 2000, Capital ASSESSING KNOWLEDGE ASSETS: A Review of the Models Used to Measure Intellectual Capital, Dr. Nick Bontis 2000. Version Oct‑
11-2000.    All       rights   reserved,
nbontis@mcmaster.ca
Choo, Chun Wei and Bontis, Nick, 2002 The Strategic Management of intellectual Capital and Organizational Knowledge, Oxford University Press, Inc
McShane, L. Steven and Von Glinow, Mary Ann, 2005, Organizational Behavior, 3e, International Edition, McGRAW-HILL


Komentar