Wanita Bekerja dan Penampilan





Tak ada yang lebih menawan dari sosok wanita yang selalu terlihat nyaman, dimanapun dalam situasi apapun. Terlebih-lebih bagi wanita pekerja yang dituntut selalu tampil chick pada office hournya. Pakaian yang kita kenakan mempengaruhi persepsi profesional orang lain pada diri kita. Menurut sebuah survei di Amerika, 80% pekerja mengatakan bahwa busana kerja seseorang menentukan kesan profesionalnya. Artinya, jika kita ingin dihargai di lingkungan kerja, hendaknya kita tahu bsana apa yang cocok digunakan saat bekerja.
Kolumnis Laura Morsch memberi rambu-rambu mengenai model-model penampilan yang umumnya dianggap tidak pantas untuk kerja.

1.        Baju yang tidak sesuai ukuran. Mengenakan baju yang terlalu ketat biasanya akan dinilai “mengundang”. Tapi, baju yang kedodoran juga tidak baik karena akan membuat Anda tampak awut-awutan dan tidak profesional. Jadi, pilihlah ukuranbaju yang benar-benar enak dipakai dan enak dilihat.
2.        Memakai parfum berlebihan. Banyak orang mengatakan menggunakan parfum bisa membangkitkan aura positif seseorang, tetapi anda tidak ingin  bukan, rekan-rekan atau klien Anda lebih dulu mencium bau Anda sebelum melihat Anda muncul di depan mata mereka? Jadi, pilihlah parfum yang lembut untuk ke tempat kerja. Parfum yang agak keras dan menyengat hanya pantas digunakan malam hari.
3.        Celana pendek atau rok yang terlalu pendek. Terlalu banyak memperlihatkan bagian kaki bukanlah sikap seorang profesional yang baik. Ini berlaku untuk pria maupun wanita.
4.        Gaya rambut yang berlebihan. Tak perlu penjelasan lagi, gaya rambut yang terlalu modis jelas bukan pada tempatnya dalam pembicaraan ini.
5.        Jeans belel. Dalam pergaulan sehari-hari di luar, jeans belel menjadi favorit. Tapi, di tempat kerja termasuk tidak pantas. Kecuali, pada hari Sabtu yang mestinya libur dan Anda harus masuk karena ada pekerjaan yang perlu diselesaikan, itupun diusahakan bukan jeans belel.
6.        Belahan dada. Baju atau gaun tertentu dengan belahan dada yang rendah bukanlah pilihan yang tepat untuk kelangsungan karir Anda.
7.        Tank top. Anda sudah tahu jawabannya, mengapa barang yang satu ini haram dipakai ke kantor. Tapi, mungkin hari itu Anda janjian bertemu teman usai jam kerja. Baiklah, lapisi tank top Anda dengan sesuatu yang lain selama bekerja.
8.        Aneka perhiasan yang mencolok  hanya cocok untuk pergi ke bar atau clubbing. Pilihlah perhiasan emas yang kecil da ringan untuk memberi aksen penampilan anda. Jangan menggunakan perhiasan yang belebihan kalau anda tidak mau dikatakan toko berjalan.
9.        Kostum olahraga. Bahkan jika Anda bekerja di kantor-kantor yang santai dan kasual, celana yoga, baju senam dan sepatu lari akan membuat Anda tampak buruk. Menggunakan busana kasual bukan berarti menggunakan pakaian olah raga!
10.     Sepatu hak super-tinggi. Sepatu seperti itu terlalu seksi untuk ke kantor, selain tentu saja juga tidak praktis. Anda akan cepat lelah dan lamban bila bekerja menggunakan sepatu dengan hak terlalu tinggi.


Berpenampilan bak selebritis ke tempat kerja atau ke kantor sama sekali tidak akan menambah ‘harga diri’ anda di hadapan rekan-rekan kerja, justru sebaliknya citra anda akan bergeser dan memberi kesan ‘tidak siap untuk bekerja dan tidak profesional’.

Komentar