Elemen-elemen dari intellectual capital dijelaskan
sebagai berikut (Stewart 1998, Sveiby 1997, Saint-Onge 1996, Bontis 2000):
·
Human
Capital (modal
manusia)
Human capital merupakan lifeblood dalam
modal intelektual. Disinilah sumber innovation dan improvement,
tetapi merupakan komponen yang sulit untuk diukur. Human capital juga
merupakan tempat bersumbernya pengetahuan yang sangat berguna, keterampilan,
dan kompetensi dalam suatu organisasi atau perusahaan. Human capital mencerminkan
kemampuan kolektif perusahaan untuk menghasilkan solusi terbaik berdasarkan
pengetahuan yang dimiliki oleh orang-orang yang ada dalam perusahaan tersebut. Human
capital akan meningkat jika perusahaan mampu menggunakan pengetahuan yang
dimiliki oleh karyawannya. (Brinker 2000) memberikan beberapa karakteristik
dasar yang dapat diukur dari modal ini, yaitu training programs, credential,
experience, competence, recruitment, mentoring, learning programs, individual
potential and personality.
·
Structural
Capital atau Organizational
Capital (modal organisasi)
Structural capital merupakan kemampuan organisasi
atau perusahaan dalam memenuhi proses rutinitas perusahaan dan strukturnya yang
mendukung usaha karyawan untuk menghasilkan kinerja intelektual yang optimal
serta kinerja bisnis secara keseluruhan, misalnya: sistem operasional
perusahaan, proses manufakturing, budaya organisasi, filosofi manajemen dan
semua bentuk intellectual property yang dimiliki perusahaan.
Seorang individu dapat memiliki tingkat
intelektualitas yang tinggi, tetapi jika organisasi memiliki sistem dan
prosedur yang buruk maka intellectual capital tidak dapat mencapai
kinerja secara optimal dan potensi yang ada tidak dapat dimanfaatkan secara
maksimal. Dalam upaya pengukuran elemen ini Edvinsson seperti yang dikutip oleh
(Brinker 2000), menyatakan hal-hal sebagai berikut:
a. Value acquired process technologies only when
they continue to the value of the firm;
b. Track the age and current vendor support for
the company process technology;
c.
Measure
not only process performance specifications but actual value contribution to
corporate productivity;
d. Incorporate an index of process performance in
relation to established process performance goals.
·
Relational
Capital atau Costumer
Capital (modal pelanggan)
Elemen ini merupakan komponen
modal intelektual yang memberikan nilai secara nyata. Relational capital merupakan
hubungan yang harmonis/association network yang dimiliki oleh perusahaan
dengan para mitranya, baik yang berasal dari para pemasok yang andal dan
berkualitas, berasal dari pelanggan yang loyal dan merasa puas akan pelayanan
perusahaan yang bersangkutan, berasal dari hubungan perusahaan dengan
pemerintah maupun dengan masyarakat sekitar. Relational capital dapat
muncul dari berbagai bagian diluar lingkungan perusahaan yang dapat menambah
nilai bagi perusahaan tersebut. Edvinsson seperti yang dikutip oleh (Brinker
2000), menyarankan pengukuran beberapa hal berikut ini yang terdapat dalam
modal pelanggan, yaitu:
a. Customer
Profile.
b. Custumer Duration.
c. Customer Role.
d. Customer
Support.
e.
Customer Success.
Sumber :
A. Usmara (Editor), 2007,
Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi ke2, Amara Books, Yogyakarta
(Artikel Imam Sugeng ND)
Baron, Angela and Armstrong,
Michael, 2007, Human Capital Management, Achieving Added Value Trough
People, Kogan Page limited
Bernard
Marr, Dina Gray and Andy Neely (Centre for Business Performance, Cranfield
School of Management, Cranfield, Bedfordshire, UK), Why do firms measure
their intellectual capital ?, Journal of Intellectual, Emerald Publisher
Volume 4 Number 4 Tahun 2003
Bontis, Nick, 2000, Capital
ASSESSING KNOWLEDGE ASSETS: A Review of the Models Used to Measure Intellectual
Capital, Dr. Nick Bontis 2000. Version Oct‑
Choo, Chun Wei and Bontis,
Nick, 2002 The Strategic Management of intellectual Capital and Organizational
Knowledge, Oxford University Press, Inc
McShane, L. Steven and Von
Glinow, Mary Ann, 2005, Organizational Behavior, 3e, International
Edition, McGRAW-HILL
Komentar
Posting Komentar
Tinggalkan komentar Anda..